Belajar Sambil Bermain
Konsep pendidikan memanusiakan manusia dengan prinsip belajar sambil bermain nampaknya kurang tepat diterapkan untuk tingkat Sekolah Lanjutan Pertama ( SMP ) dan Sekolah Lanjutan Tingkat atas ( SMA ).Karena konsep belajar sambil bermain iini diterapkan untuk Pendidikan Tingkat Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar ( SD ),sedangkan untuk tingkat SMP,dan SMA konsep yang harus diterapkan adalah Bermain sambil belajar.Perbedaan kalimat ini memang dirasakan sepertinya kurang berarti namun kalau kita selidik dan kaji lebih dalam ternyata mengandung makna yang sangat berbeda sekali .Konsep Belajar sambil bermain cenderung mengarah kepada memanjakan anak didik dengan memperbanyak permainan yang menyenangkan sehingga suasana pembelajaran dirubah kedalam bentuk permainan yang terkadang keluar letupan-letupan ucapan yang kurang baik dan wajar diucapkan seorang anak didik.Hal ini terjadi karena kemampuan daya talar yang mereka miliki belum sampai kepada persoalan yang diinginkan.Sedangkan konsep bermain sambil belajar lebih mengarah kepada pendewasaan daya pikir dan daya talar siswa sehingga siswa memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan sesuatu apa yang mereka lihat,mereka rasakan,mereka lakukan dalam kehidupan sebagai wahana pembelajaran yang perlu diamati,dihayati,dipahami,bahkan dijadikan konsep pengetahuan baru yang berguna serta dapat dikembangkan untuk orang lain.Sebagai contoh :”Siswa dapat berdiri tagak karena mereka memiliki kaki lebih besar dari pada tanganya.”Ini merupakan pembelajaran yang dapat diintegrasikan bahwa untuk dapat hidup dengan baik maka pendapatan harus lebih besar dari pada pengeluaran .Karena pendapatan adalah hal yang menompang kehidupan manusia sehingga semakin besar pendapatan yang dimiliki,semakin kuat kehidupanya.lebih jauh dapat diungkapkan bahwa semakin tinggi ilmu seseorang ,semakin kuat pula daya tahan kehidupan orang itu .Sedangkan konsep Belajar sambiil bermain lebih cenderung bagaimana menciptakan suatu pembelajaran kedalam permainan nampaknya disini guru ditungtut untuk mampu menciptakan pembelajaran ke dalam permainan sehingga akibatnya guru menguras habis pemikiranya untuk itu saja yang terkadang hasilnya belum tentu berhasil sesuai dengan apa yang diinginkan.Hal lain konsep belajar sambil bermain identik dengan menyuruh anak didik untuk lebih banyak bermain daripada belajar hal ini dapat berakibat lamanya terbentuk sifat kekedewasaan seorang anak didik mengapa demikian? Perlu saya jelaskan disini bahwa :” Pada prinsipnya anak didik sudah tahu tentang pelajaran sebagian atau seluruhnya dari buku yang mereka baca .” jika kalian siap untuk belajar sambil bermain mari kita mulai pembelajarannya dengan mengeklik MULAI
No comments