RPP TEMA 3 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
5 /1
Tema : Makanan Sehat ( Tema 3)
Sub Tema : Bagaimana Tubuh Mengolah
Makanan? (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
|
Menganalisis informasi yang
disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik
|
3.4.1 Mengidentifikasi kata
kunci pada
iklan media
cetak.
|
4.4
|
Memeragakan kembali
informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik
dengan bantuan lisan, tulis, dan visual
|
4.4.1 Menyajkan kata kuci yang
terdapat
pada iklan media cetak.
|
Muatan : IPA
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia
serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia
|
3.3.1 Mengetahui organ-organ yang
terdapat pada hewan dan
fungsinya.
|
4.3
|
Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan
atau manusia
|
4.3.1 Membuat bagan orga pencernaan
pada hewan dan fungsinya.
|
C. TUJUAN
1. Dengan mengamati gambar iklan yang
disajikan, siswa mengidentifikasikan kata kunci pada iklan media cetak.
2. Dengan menuliskan hasil pengamatan
terhadap iklan media cetak dalam bentuk peta pikiran, siswa mampu melaporkan hasil
pengamatannya.
3. Dengan mencermati teks bacaan yang
disajikan, siswa mampu memukan informasi tentang organ-organ pencernaan hewan.
4. Dengan berdiskusi dan mencari informasi
dalam kelompok, siswa mampu menjelaskan organ-organ pencernaan hewan dan
fungsinya.
D. MATERI
1. Kata kunci pada iklan media cetak.
2. Organ-organ pencernaan pada hewan.
3. Funsi-fungsi organ pencernaan pada hewan.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan
Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1.
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan
mengecek kehadiran siswa
2.
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang
paling awal. (Menghargai kedisiplikan
siswa/PPK).
3.
Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap
saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.
Menyanyikan lagu Garuda
Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang
pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.
Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama
15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan,
makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan
buku guru menjelaskan tujuan kegiatan
literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
●
Apa yang tergambar pada sampul buku.
●
Apa judul buku
●
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
●
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15 menit
|
Inti
|
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembuka
➢
Guru
membuka pelajaran dengan memperkenalkan judul tema yaitu “Organ Pencernaan
Hewan dan Manusia”, Guru memberikan penjelasan bahwa dalam tema ini, siswa
akan mencari informasi dan memahami lebih rinci tentang organ pencernaan
hewan dan manusia.
➢
Guru
meminta siswa untuk menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang ingin siswa ketahui
tentang organ pencernaan hewan dan manusia, kemudian menempelkan
pertanyaan-pertanyaan tersebut di dinding kelas.
➢
Siswa
dapat menuliskan jawaban di bawah kertas-kertas tersebut di sepanjang proses
pembelajaran dalam tema ini.
➢
Kegiatan
ini bertujuan untuk mem-biasakan siswa memiliki rasa ingin tahu terhadap
proses pembelajaran,menumbuhkan keterampilan untuk membuat pertanyaan, dan
mencari informasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Hela- hal yang ingin aku ketahui
tentang organ pencernaan hewan dan manusia :
Hal-hal yang ingin aku ketahui tentang oran
pencernaan hewan dan manusia :
1
2
3
A. Ayo Mengamati
➢
Siswa
membaca dan mencermati dialog pembuka kegiatan pembelajaran, dengan memberi
penekanan pada kata sistem pencernaan.
➢
Memberikan
beberapa pertanyaan pancingan kepada siswa :
o Menurut kamu apakah sarapan itu
penting? Mengapa?
o Apa yang kamu ketahui tentang organ
pencernaan?
o Apakah organ pencernaan itu penting
bagi kita? Mengapa?
o Menurutmu, apakah organ pencernaan yang
kita miliki sama dengan yang dimiliki oleh hewan?
➢
Pertanyaan-pertanyaan
tersebut di atas dimaksudkan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang
topik yang akan didiskusikan.
➢
Meminta
siswa untuk mengingat kembali hal-hal yang mereka temukan di lingkungan
sekitar mereka. “Coba perhatikan lingkungan sekitar kita, hewan–hewan apa
saja yang sering kamu lihat di lingkungan sekitarmu?”
Hasil yang diharapkan:
−
Sikap
rasa ingin tahu siswa tentang topik pembelajaran
B. Ayo Mengamati
●
Guru
memimpin diskusi kelas dengan mengaitkan pembicaraan tentang dialog sarapan
yang dibaca oleh siswa sebelumnya dengan gambar-gambar iklan yang disajikan
Buku Siswa.
●
Siswa
mengamati dan mencermati gambar iklan yang disajikan.
●
Siswa
menuliskan dan mengemukakan hal-hal yang mereka temukan pada iklan,
dalambentuk tabel. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang digunakan untuk
mencapai KD 3.4 Bahasa Indonesia.Guru memberikan penjelasan tentang “kata
kunci”. Siswa dengan teman sebangkunya berdiskusi untuk menjawab beberapa
pertanyaan yang diajukan guru.
●
Siswa
membuat kesimpulan tentang kata kunci yang mereka temukan pada iklan media
cetak yang disajikan.
C. Ayo Mengamati
➢
Siswa
mencermati teks bacaan yang disajikan pada buku siswa tentang organ
pencernaan hewan (sapi).
➢
Siswa
dengan bimbingan guru menggarisbawahkosakata baru yang mereka temukan dalam
bacaan, dan bersama-sama dalam diskusi kelasmembahas kosakata baru tersebut.
➢
Sarankan
kepada siswa untuk membuat catatan kecil untuk membantu siswa mengingat
kembali organ-organ pencernaan pada hewan sapi.
➢
Siswa
melengkapi diagram yang disediakan dalam buku siswa (kegiatan ini digunakan
untuk mempermudah siswa dalam memahamitentang organ-organ pencernaan hewan
(KD IPA 3.3 dan 4.3).
➢
Pada
kegiatan ini siswa boleh menggunakan informasi yang mereka dapatkan dari teks
bacaan yang disajikan di Buku Siswa.
Ayo Berkreasi
➢
Siswa
bersama dengan teman sekelompok, membaca kembali teks informasi tentang organ
pencernaan sapi dan mencermati kembali diagram yang mereka buat sebelumnya.
➢
Siswa
menggambar poster tentang organ pencernaan sapi.
➢
Siswa
bersama dengan sekelompoknya memberi nama pada setiap organ pencernaan dan
menggambarkan perjalanan yang terjadi pada makanan dengan menggunakan tanda
panah.
➢
Kegiatan
ini digunakan untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang organ-organ
pencernaan hewan (KD IPA 3.3 dan 4.3).
|
140
|
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar
hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan
kesimpulan
3. Siswa
diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi
dari siswa lainnya..
4. Penugasan dirumah
5. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
6. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh
salah satu siswa.
|
15 menit
|
D. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Membuat
Peta Pikiran
Teknik Penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
Catatan :
2.
Membuat
Diagram Sistem Pencernaan Hewan Ruminansia
Teknik Penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
Catatan :
Rubrik digunakan sebagai pegangan guru
dalam memberikan umpan balik terhadap
tugas membuat diagram sistem pencernaan
hewan. Hasil dari kegiatan ini tidak harus
dimasukkan ke dalam buku nilai (sangat
tergantung pada kesiapan siswa), Tujuan utama dari kegiatan ini adalah sebagai
kegiatan untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang organ pencernaan pada
hewan. Guru dapat melihat keberhasilan pembelajaran tentang organ pencernaan
dari hasil keseluruhan kelas secara umum.
3.
Membuat
Poster Sistem Pencernaan Hewan Ruminansia
Teknik Penilaian: Penugasan
KD IPA
3.3 dan 4.3
Rubrik digunakan
sebagai pegangan guru dalam memberikan umpan balik terhadap tugas membuat
diagram sistem pencernaan hewan. Hasil dari kegiatan ini tidak harus dimasukkan
ke dalam buku nilai (sangat tergantung pada kesiapan siswa). Tujuan utama dari
kegiatan ini adalah sebagai kegiatan untuk memberi pemahaman kepada siswa
tentang organ pencernaan pada hewan. Guru dapat melihat keberhasilan
pembelajaran tentang organ pencernaan dari hasil keseluruhan kelas secara umum.
E.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
2.
Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
3.
Software
Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCI Media.
4.
Buku teks, buku bacaan tentang organ-organ pencernaan hewan,
gambar-
5.
gambar iklan dari media cetak, majalah, dan lingkungan sekitar.
Refleksi Guru
Catatan Guru
1. Masalah :
2. Ide Baru :
3. Momen Spesial :
Mengetahui ,
Oktober 2018
Kepala
sekolah Guru
Kelas 5
( ) ( )
No comments