Breaking News

RPP TEMA 3 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan    : SD/MI
Kelas / Semester        :  5 /1
Tema                          :  Makanan Sehat ( Tema 3)
Sub Tema                  :  Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan? (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke       :  1
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.4
Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik

3.4.1 Mengidentifikasi kata kunci pada
iklan media cetak.

4.4
Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual
4.4.1   Menyajkan kata kuci yang terdapat
pada iklan media cetak.

Muatan : IPA
No
Kompetensi
Indikator
3.3
Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia

3.3.1 Mengetahui organ-organ yang
terdapat pada hewan dan fungsinya.
4.3
Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia
4.3.1 Membuat bagan orga pencernaan
pada hewan dan fungsinya.

C.     TUJUAN
1.      Dengan mengamati gambar iklan yang disajikan, siswa mengidentifikasikan kata kunci pada iklan media cetak.
2.      Dengan menuliskan hasil pengamatan terhadap iklan media cetak dalam bentuk peta pikiran, siswa mampu melaporkan hasil pengamatannya.
3.      Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu memukan informasi tentang organ-organ pencernaan hewan.
4.      Dengan berdiskusi dan mencari informasi dalam kelompok, siswa mampu menjelaskan organ-organ pencernaan hewan dan fungsinya.

D.    MATERI
1.      Kata kunci pada iklan media cetak.
2.      Organ-organ pencernaan pada hewan.
3.      Funsi-fungsi organ pencernaan pada hewan.
E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.      Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2.      Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.      Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.      Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.      Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
       Apa yang tergambar pada sampul buku.
       Apa judul buku
       Kira-kira ini menceritakan tentang apa
       Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini

15 menit
Inti
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembuka
      Guru membuka pelajaran dengan memperkenalkan judul tema yaitu “Organ Pencernaan Hewan dan Manusia”, Guru memberikan penjelasan bahwa dalam tema ini, siswa akan mencari informasi dan memahami lebih rinci tentang organ pencernaan hewan dan manusia.
      Guru meminta siswa untuk menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang ingin siswa ketahui tentang organ pencernaan hewan dan manusia, kemudian menempelkan pertanyaan-pertanyaan tersebut di dinding kelas.
      Siswa dapat menuliskan jawaban di bawah kertas-kertas tersebut di sepanjang proses pembelajaran dalam tema ini.
      Kegiatan ini bertujuan untuk mem-biasakan siswa memiliki rasa ingin tahu terhadap proses pembelajaran,menumbuhkan keterampilan untuk membuat pertanyaan, dan mencari informasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Hela- hal yang ingin aku ketahui tentang organ pencernaan hewan dan manusia :
Hal-hal yang ingin aku ketahui tentang oran pencernaan hewan dan manusia :
1
2
3

A.    Ayo Mengamati
      Siswa membaca dan mencermati dialog pembuka kegiatan pembelajaran, dengan memberi penekanan pada kata sistem pencernaan.
      Memberikan beberapa pertanyaan pancingan kepada siswa :
o    Menurut kamu apakah sarapan itu penting? Mengapa?
o    Apa yang kamu ketahui tentang organ pencernaan?
o    Apakah organ pencernaan itu penting bagi kita? Mengapa?
o    Menurutmu, apakah organ pencernaan yang kita miliki sama dengan yang dimiliki oleh hewan?
      Pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas dimaksudkan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang topik yang akan didiskusikan.
      Meminta siswa untuk mengingat kembali hal-hal yang mereka temukan di lingkungan sekitar mereka. “Coba perhatikan lingkungan sekitar kita, hewan–hewan apa saja yang sering kamu lihat di lingkungan sekitarmu?”
Hasil yang diharapkan:
        Sikap rasa ingin tahu siswa tentang topik pembelajaran

B.     Ayo Mengamati
       Guru memimpin diskusi kelas dengan mengaitkan pembicaraan tentang dialog sarapan yang dibaca oleh siswa sebelumnya dengan gambar-gambar iklan yang disajikan Buku Siswa.
       Siswa mengamati dan mencermati gambar iklan yang disajikan.
       Siswa menuliskan dan mengemukakan hal-hal yang mereka temukan pada iklan, dalambentuk tabel. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang digunakan untuk mencapai KD 3.4 Bahasa Indonesia.Guru memberikan penjelasan tentang “kata kunci”. Siswa dengan teman sebangkunya berdiskusi untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru.
       Siswa membuat kesimpulan tentang kata kunci yang mereka temukan pada iklan media cetak yang disajikan.
C.     Ayo Mengamati
      Siswa mencermati teks bacaan yang disajikan pada buku siswa tentang organ pencernaan hewan (sapi).
      Siswa dengan bimbingan guru menggarisbawahkosakata baru yang mereka temukan dalam bacaan, dan bersama-sama dalam diskusi kelasmembahas kosakata baru tersebut.
      Sarankan kepada siswa untuk membuat catatan kecil untuk membantu siswa mengingat kembali organ-organ pencernaan pada hewan sapi.
      Siswa melengkapi diagram yang disediakan dalam buku siswa (kegiatan ini digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahamitentang organ-organ pencernaan hewan (KD IPA 3.3 dan 4.3).
      Pada kegiatan ini siswa boleh menggunakan informasi yang mereka dapatkan dari teks bacaan yang disajikan di Buku Siswa.
 Ayo Berkreasi
      Siswa bersama dengan teman sekelompok, membaca kembali teks informasi tentang organ pencernaan sapi dan mencermati kembali diagram yang mereka buat sebelumnya.
      Siswa menggambar poster tentang organ pencernaan sapi.
      Siswa bersama dengan sekelompoknya memberi nama pada setiap organ pencernaan dan menggambarkan perjalanan yang terjadi pada makanan dengan menggunakan tanda panah.
      Kegiatan ini digunakan untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang organ-organ pencernaan hewan (KD IPA 3.3 dan 4.3).

140



Penutup
1.      Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.      Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.      Penugasan dirumah
5.      Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
6.      Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
15 menit


D.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.      Membuat Peta Pikiran
Teknik Penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.4 dan 4.4



Catatan :
Rubrik digunakan sebagai pegangan guru dalam memberikan umpan balik terhadap tugas peta pikiran, hasil dari kegiatan ini tidak harus dimasukkan ke dalam buku nilai(sangat tergantung pada kesiapan siswa). Tujuan utama dari kegiatan ini adalah sebagai kegiatan untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang kata kunci dalam iklan media cetak. Guru dapat melihat keberhasilan pembelajaran tentang kata kunci dari hasil keseluruhan kelas secara umum.

2.      Membuat Diagram Sistem Pencernaan Hewan Ruminansia
Teknik Penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPA  3.3 dan 4.3

Catatan :
Rubrik digunakan sebagai pegangan guru dalam memberikan umpan balik terhadap
tugas membuat diagram sistem pencernaan hewan. Hasil dari kegiatan ini tidak harus
dimasukkan ke dalam buku nilai (sangat tergantung pada kesiapan siswa), Tujuan utama dari kegiatan ini adalah sebagai kegiatan untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang organ pencernaan pada hewan. Guru dapat melihat keberhasilan pembelajaran tentang organ pencernaan dari hasil keseluruhan kelas secara umum.

3.      Membuat Poster Sistem Pencernaan Hewan Ruminansia
Teknik Penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian:  Rubrik
KD IPA  3.3 dan 4.3

Catatan :
Rubrik digunakan sebagai pegangan guru dalam memberikan umpan balik terhadap tugas membuat diagram sistem pencernaan hewan. Hasil dari kegiatan ini tidak harus dimasukkan ke dalam buku nilai (sangat tergantung pada kesiapan siswa). Tujuan utama dari kegiatan ini adalah sebagai kegiatan untuk memberi pemahaman kepada siswa tentang organ pencernaan pada hewan. Guru dapat melihat keberhasilan pembelajaran tentang organ pencernaan dari hasil keseluruhan kelas secara umum.

E.     SUMBER DAN  MEDIA
1.      Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
2.      Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
3.      Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCI Media.
4.      Buku teks, buku bacaan tentang organ-organ pencernaan hewan, gambar-
5.      gambar iklan dari media cetak, majalah, dan lingkungan sekitar.




Refleksi Guru










Catatan Guru
1. Masalah                   :
2. Ide Baru                  :
3. Momen Spesial        :



                        Mengetahui                                                 ,      Oktober 2018
                        Kepala sekolah                                  Guru Kelas 5






            (                                   )                        (                                )                                                     


No comments